Tenggarong: Berwisata dan Menikmati Keindahan Indonesia di Kota Raja

<
bootstrap slider


Kota Raja itulah julukan untuk Tenggarong, ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), di Provinsi Kalimantan Timur. Julukan tersebut kiranya tak dapat disanggah mengingat wilayah ini dulunya merupakan ibu kota Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura dan berdiamnya makam para rajanya. Kota Tenggarong berada tidak jauh dari Samarinda dengan perjalanan darat sekitar 40 menit. Sementara dari Balikpapan dicapai dengan perjalanan sekitar 2 jam lebih.

Tenggarong telah mempercantik diri dengan hasrat menjadi kota bernuansa budaya dan wisata di Indonesia.

Kutai Kartanegara yang sering disingkat Kukar (masyarakt setempat biasa menyebut Kutai saja) dikenal sebagai kabupaten terkaya di Indonesia karena memiliki sumber daya alam yang melimpah terutama batubara. Kota Tenggarong sendiri selain memiliki kekayaan bahan tambang, juga menyimpan beragam potensi pariwisata menarik. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, wisata ilmu pengetahuan, hingga taman hiburan. Hal ini selaras seperti pintu gerbang kota ini yang bertuliskan Selamat Datang di Kota Wisata Tenggarong.

Kota Tenggarong memiliki beragam destinasi wisata menarik untuk Anda sambangi. Ada Pulau Kumala dengan fasilitas taman hiburan, kereta gantung, dan tower setinggi 100 meter. Untuk wisata sejarah maka jangan terlewat mengunjungi Museum Mulawarman dimana Anda akan diajak berkelana dalam lintasan sejarah yang membanggakan masyarakatnya. Anda juga dapat menyambangi Kedaton Kutai Kartanegara, Masjid Jami yang bersejarah, serta banyak lagi tempat wisata lainnya.

Kota Tenggarong awalnya bernama Tepian Pandan ketika ibu kota kerajaan ini dipindahkan pada 28 September 1782 dari Pemarangan oleh Aji Imbut yaitu Raja Kutai Kartanegara ke-15 (Aji Muhammad Muslihuddin). Nama Tepian Pandan kemudian diubah menjadi Tangga Arung yang artinya rumah raja. Dalam penyebutannya kata Tangga Arung kemudian populer dengan sebutan Tenggarong.

Kota Tenggarong memiliki beragam destinasi wisata menarik untuk Anda sambangi. Ada Pulau Kumala dengan fasilitas taman hiburan, kereta gantung, dan tower setinggi 100 meter. Untuk wisata sejarah maka jangan terlewat mengunjungi Museum Mulawarman dimana Anda akan diajak berkelana dalam lintasan sejarah yang membanggakan masyarakatnya. Anda juga dapat menyambangi Kedaton Kutai Kartanegara, Masjid Jami' yang bersejarah, serta banyak lagi tempat wisata lainnya.