Taman Nasional Kayan Mentarang

bootstrap slider

Taman Nasional Kayan Mentarang adalah hutan primer dan sekunder terbesar, yang meliputi wilayah seluas 1.360.500 hektar. Taman ini terletak di Bulungan, Kalimantan Timur, Indonesia, dengan cuaca lembab dan suhu sekitar 16 ° C - 30 ° C. Taman Nasional ini memiliki ketiggian 200 - 2258 meter di atas permukaan laut dan memiliki sekitar 3.100 mm curah hujan per tahun.

Karena lokasi geografis, taman nasional ini diberkati dengan berbagai keanekaragaman hayati, mulai dari daerah dataran hutan hujan tropis sampai di daerah pegunungan, yang menjadi kepompong untuk berbagai jenis tumbuhan dan hewan langka.

Beberapa tumbuhan yang dapat ditemui di hutan ini:

#Pulai (Alstonia scholaris)


#Jelutung (Dyera costulata)


#Ramin (Gonystylus bancanus)


#Agathis (Agathis borneensis)


#Kayu ulin (Eusideroxylon zwageri)


#Rengas (Gluta walichii)


#Gaharu (Aquilaria malacensis)


#Aren (Arenga pinnata)


#Berbagai macam anggrek


#Palem hutan


#Kantong semar


Menariknya, masih banyak tumbuhan yang belum teridentifikasi, dan dianggap baru di Indonesia. terdapat 100 spesies mamalia (15 jenis diantaranya endemik), 8 jenis primata, lebih dari 310 jenis burung, dan 28 jenis diantaranya adalah endemik Kalimantan dan telah didaftarkan oleh ICBP (Komite Internasional untuk perlindungan burung) karena merupakan spesies yang terancam punah.

Beberapa hewan yang hampir punah:

#Macan dahan (Neofelis nebulosa)


#Beruang madu (Helarctos malaynus euryspilus)


#Lutung dahi putih (Presbytis frontata frontata)


#Banteng (Bos javanicus lowi)


Ada sekitar 20.000 - 25.000 orang suku Dayak, yaitu Dayak Kenyah, Punan, Lun Daye, dan Lun Bawang, tinggal di sekitar taman nasional ini. Mereka hidup berdampingan dengan lingkungannya dalam referensi pengetahuan lokal dan kesederhanaan. Keunikan itu terlihat dalam cara mereka melestarikan keanekaragaman alam. Banyak jenis warisan arkeologi seperti tempat pemakaman dan peralatan batu kuno dapat ditemukan di Taman Nasional ini. Diperkirakan bahwa Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan salah satu situs arkeologi utama di Kalimantan.